Jumat, 11 April 2014

Tips Agar Belajar Bahasa Arab Cepat Dipraktekkan


Islamedia - Mengubah kesan bahasa arab itu susah, bahasa arab itu membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya, bahasa arab itu hanya bisa dipelajari dipesantren, dan kesan "berat" lainnya salah satunya dengan cara menyederhanakan pengajarannya.

Bentuk menyederhanakannya beragam. Diantara bentuknya, menyederhnakan kosakata yang diberikan. Why? Karena, kita tidak dituntut tahu semua kosakata. Kita hanya perlu mengetahui kosakata yang jamak digunakan, sering dipakai. Itu saja.

Apabila kita mempelajari kosakata yang sering muncul, baik di al qur'an maupun dalam percakapan modern (fusha), kita sudah menghemat waktu belajar dan tidak melelahkan.

Salah satu usaha merevolusi pengajaran bahasa arab hari ini adalah pemilihan kata. Maksudnya, pengajar bahasa arab sudah mesti mulai memilih kata-kata yang hari ini jamak digunakan, membuang kata2 jadul

Salah satu contoh kata jadul, "ini penggaris" hadzihi musthoroh"…ya, ini jadul. Hari gini, kita nulis sudah g pake penggaris. Karena sms maupun wa tulisannya sdh lurus-lurus

Catatan keuangan? Hari gini, untuk membuat laporan, notulensi rapat, catatan keuangan kita tidak perlu manual pakai penggaris, di komputer sudah ada microsoft exel. Ga perlu garis-garis, ga usah beli penggaris.

Kalau jarang digunakan, jarang dibutuhkan, atau memang tidak sering kita pakai, tidak perlu semua kosakata kita tahu. Prioritaskan yang penting-penting terlebih dahulu, yang paling sering kita konsumsi, kita pakai, kita gunakan, kita butuhkan.

Buktinya sederhana sekali. Tanya pada diri anda, apakah dalam sepekan terakhir anda pakai penggaris? Kalau iya berapa kali?

Bandingkan dengan sms, sepekan terakhir anda nulis sms berapa kali?

Kalau jawabannya ternyata setiap hari anda sms, tapi tidak setiap hari pakai penggaris, anda sama dengan kebanyakan orang hari ini

So, biar bahasa yang diberikan oleh pengajar sering dipraktikan, ganti kata "jadul" dengan kata yang sering muncul. Sms, pulsa, telpon, konter, paket internet, dll

Apalagi, hampir semua orang pasti menulis setiap hari. Minimal sms. Kegiatan menulis hari ini, jarang menggunakan alat tulis. Nulis pesan hari gini, pake hp, android, laptop, tab, dll, alias sudah ga pakai kertas, pulpen, amplop, lalu dikirim lewat pos

Tau apa bahasa arabnya? Sms, hape, kartu perdana, bahasa arabnya adalah risalah, jawwal, dan syarihah.



Melalui metode Asik Arabic, secara berseri akan diinfokan Tips belajar bahasa Arab secara Asik dan mudah untuk dipraktekan.


Adnan Fairuz
http://www.islamedia.web.id/2014/01/tips-agar-belajar-bahasa-arab-cepat_7.html


-------------------------------------------------------------------------------------

Islamedia - Ikhwati fillah, pada pembahasan pertama Agar Belajar Bahasa Arab Cepat Dipraktekkan 1 kita udah membahas cara menyederhanakan bahasa arab dengan cara menyederhanakan pilihan kata yang perlu kita tahu. Lanjutannya apa, lagi?


Thoyyib, saat ini kita akan bahas langkah Kedua, agar bahasa arab cepat dipraktekkan. Kaidahnya, pelajari apa yang sederhana dulu, apa yang sering muncul dulu. Nah, diantara hal yang sering muncul dalam berbahasa yang pertama adalah kata. Ya, kata. Kemudian setelahnya, adalah ungkapan.


Ada ungkapan yang memang hanya terdiri dari satu kata, tapi tidak semua kata berarti ungkapan.

Kalau ada orang bilang sama kita, "sstttttt........". itu ungkapan, kalau kita tidak diperkenankan bersuara berisik!. Ada juga ungkapan yang yang terdiri dari beberapa kata, bisa dua atau lebih.


Nah, ungkapan dalam bahasa arab (arabic expression) setidaknya memiliki 2 alasan kenapa dengan mudah kita bisa cepat menguasainya?


Yang pertama, ungkapan dalam bahasa arab, jumlahnya tidak banyak. Sedikit, tapi dalam prakteknya sering diulang. Sering muncul. Nah, ini memudahkan.


Yang kedua, ungkapan dalam bahasa arab pendek-pendek, ditambah lagi, ungkapan itu sesuai dengan makna kata pembentuknya.


Ini salah satu rahasia yang ingin saya jabarkan. Ungkapan dalam bahasa arab itu, jauh lebih sederhana dibandingkan dengan expession (ungkapan) dalam bahasa inggris!


Dalam bahasa inggris, antara ungkapan dengan makna kata2nya jauh! Seolah ta ada kaitannya. Tapi itu ada, dan dipakai oleh mereka yang berbahasa inggris.


Contohnya, Let’s the ball rolling.....artinya , " yuk, kita mulai sekarang!"....coba anda terjemahkan secara harfiah, arti asalinya dengan maksud yang diutarakan sama, ngga'?


Sharp!....artinya, on time y! jangan telat... sedangkan sharp sendiri artinya tajam.


Maka wajar, kalau di Indonesia, bahasa inggris itu dipelajari 12 tahun dari SD sampai SMA tapi tidak sedikit lulusan SMU Favorit sekalipun yang ga lancar berbahasa inggris. Mungkin ini satu diantara sebabnya. Ada 8 rahasianya, akan kita bahas nanti dalam sesi berikutnya. insyaAllah.



Dalam bahasa arab, ungkapan itu tidak jauh-jauh dari makna asal kata pembentuknya. Nah, ungkapan ini biasanya tidak ada di kamus, dia tetap fusha (resmi), namun lebih akan banyak didapati dalam percakapan sehari-hari.



Ada yang tahu, apa bahasa arab ungkapan di indonesia di bawah ini kalau diarabkan?


Kita kenalan ya, sama ungkapan masyhur dalam bahasa arab.


1. Sama aja..... نَفْسُ الشَّيْء (baca : nafsusy syai' )



2. Masa' sih? Beneran?.......kita cukup bilang, بِالتَّأكِيْد؟ (baca : bit ta'kid) ungkapan yang juga masyhur di kalangan kita, yang itu berarti untuk meyakinkan, apakah apa yang kita dengar itu benar? Yakin?



Ikut kita sosialisasikan dua kata di atas ya! Dulu, kata tafadhol, antum, ane, syukron, afwan, ikhwan, akhwat, anti, dll...kata2 aktifis yang kini seolah jadi bahasa indonesia, dulunya awal kali muncul juga tidak langsung familiar.









Sekarang nih, saking-saking familiarnya, sampai ada yang membuat orang arab mengerutkan keningnya, karena bingung, di sini ada orang indonesia berujar dengan kata arab, tapi di arab ga ada orang arab bilang gitu. Emang ada? Bit ta'kid? Ya, ada. Pernah denger kan, kata afwan jiddan? heee..nah, itu dia. Bahasa arab hanya mengenal afwan, tidak mengenal afwan jiddan.



Memang, jiddan itu berarti sangat. Tapi, ga ada istilah di arab, "maaf banget y...!"



Bersambung...



Adnan Fairuz


http://www.islamedia.web.id/2014/01/tips-agar-belajar-bahasa-arab-cepat_9.html


=====================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar